Sakramen Baptis Anak di Gereja BNKP Botogawu

SWARAHUKUM.COM-Gunungsitoli, Gereja Fadoro Botogawu Melaksanakan "Sakramen Baptis, Merupakan salah satu bagian dari Sakramen Inisiasi, melalui inisiasi ini orang dimasukkan ke dalam keanggotaan gereja. Pembaptisan merupakan upacara inisiasi artinya orang yang belum termasuk dalam kelompok yang percaya kepada Yesus Kristus dimasukkan ke dalam kelompok dengan segala hak dan kewajibannya, Minggu (19/12/2021).

Pembaptisan lebih diartikan bahwa orang dibebaskan dari dosa dan dilahirkan kembali sebagai putera-putri Allah. Dengan kata lain melalui pembaptisan orang diharapkan meninggalkan dunia atau hidupnya yang lama dan hidup secara baru. Di dalam Gereja BNKP (Banua Niha Keriso Protestan) Fadoro Botogawu hanya ada satu pembaptisan, yaitu pembaptisan dengan air. 

Sekarang ini pembaptisan dengan mencurahkan air di atas dahi. Pencurahan air di atas dahi sebanyak tiga kali selalu disertai dengan kata-kata " …… (nama) aku membaptis engkau atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus." Pembaptisan dengan air diimani sebagai meterai rohani yang tak terhapuskan dan diterimakan hanya satu kali untuk selama-lamanya.


Dalam pembaptisan, orang juga menerima pengurapan minyak krisma sebagai tanda pengurapan Roh Kudus, agar orang yang dibaptis boleh mengambil bagian dalam tugas imamat, kenabian, dan penggembalaan Yesus Kristus. Mereka yang diperbolehkan menerima baptisan adalah setiap orang( sejauh tidak ada halangan) dan yang belum dibaptis, baik anak-anak (bayi) maupun orang dewasa.

 
BAPTISAN ANAK
Baptisan anak / Balita diberikan kepada anak usia balita / yang belum sekolah di bangku SD, pelaksanaan setiap hari Minggu kedua setiap bulan jika ada hal khusus yang dapat berubah

Mengisi formulir pendaftaran rangkap 2 (dua) untuk jema'at dan Ketua Lingkungan.
Menyerahkan foto copy surat perkawinan BNKP orang tuanya
Menyerahkan foto copy akte kelahiran anak ( bila ada )
Wali/emban baptis sesuai dengan jenis kelamin anak yang dibaptis, jika anak yang di baptis laki-laki wali/emban baptisnya juga laki-laki begitu juga sebaliknya kalau yang dibaptis perempuan wali/emban baptisanya perempuan.. Syarat  untuk menjadi wali/emban baptis adalah sudah dibaptis secara Kristen protestan/  diterima dalam gereja Kristen 

Protestan, dewasa dalam iman dan berpikir, karena wali baptis ikut bertanggung jawab dengan perkembangan iman anak.
Formulir Pendaftaran diserahkan ke Sekretariat.paling lambat hari Jumat Minggu kedua.
Stipendium diserahkan langsung kepada Pendeta yang membaptis setelah pembaptisan. 
BAPTISAN DEWASA
Baptisan dewasa diberikan kepada mereka yang sudah sekolah di SD s/d usia dewasa , baptisan dewasa dilaksanakan 1 (satu) kali dalam setahun menjelang hari Raya Paskah.

Calon baptis dewasa/ katekumen harus mengikuti pelajaran yang dikoordinir oleh Pelajaran bagi calon baptis/katekumen minimal 3 (Tiga) kali dan telah menyelesaikan semua materi yang telah diberikan oleh Seksi . Selain mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Seksi para calon baptis juga harus terlibat dalam kegiatan di lingkungan dan mengikuti perayaan ekaristi.

Penerimaan sakramen baptis itu mengikuti proses yang cukup panjang mulai :

Tahap Pertama :

yaitu pada tahap prakatekumenat, para calon yang inginmenjadi pengikut   Kristus itu terlebih dahulu dilantik menjadi umat Kristen.

Tahap Kedua:

yaitu tahap katekumenat. Ketika memasuki tahap katekumenat mereka yang ingin menjadi pengikut Kristus itu menjalani pembelajaran selama kurang lebih satu sampai tiga kali. 

Tahap Ketiga:

adalah pemilihan calon baptis yaitu mereka yang telah menjalani masa katekumenat selama itu diseleksi untuk ditetapkan mana yang layak menjadi calon baptis dan mana yang belum.

Tahap Keempat:

tahap persiapan akhir. Pada tahap ini para calon baptis secara intensif dibekali dengan pembinaan iman dalam rekoleksi dan serangkaian latihan upacara pembaptisan.

Tahap Kelima :

tahap pembaptisan yang merupakan puncak upacara pembaptisan atas diri calon baptis sehingga resmi menjadi pengikut Kristus dan anggota penuh Gereja BNKP. 

Penulis ( S. mend

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama