Bupati Amizaro Waruwu Buka Pelatihan Pengelolaan Toilet Di Destinasi Pariwisata

SWARAHUKUM.COM-Nias Utara, Bupati Amizaro Waruwu buka secara resmi pelatihan pengelolaan toilet di Destinasi Pariwisata Kab. Nias Utara TA.2021

 AdminLeave A CommentOn Bupati Amizaro Waruwu Buka Secara Resmi Pelatihan Pengelolaan Toilet Di Destinasi Pariwisata Kab. Nias Utara TA.20 Nias Utara /Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Pariwisata Kabupaten Nias Utara Tahun 2021.

Pelaksanaan Pelatihan ini  berlangsung di Training Center Osseda jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara. Penyelenggaraan kegiatan ini di buka secara resmi oleh Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd Senin, 13 Desember 2021).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara Fotani Zai, S.Pd.,MM dalam laporannya disampaikan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang No. 10 Tahun 2009, tentang Kepariwisataan dan Surat Keputusan Bupati Nias Utara No.556/217/K/Tahun 2021 tanggal 03 Agustus 2021 tentang pembentukan Tim penyelenggara pelatihan pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata Kabupaten Nias Utara.

Pelaksanaan pelatihan ini bertujuan Untuk 1. Meningkatkan kompetensi pemangku kepentingan  bidang pariwisata dalam memahami, menguasai dan menerapkan konsep-konsep kepariwisataan yang berkelanjutan, 2. Menciptakan pelayan prima kepada wisatawan dengan layanan yang sesuai dengan permintaan pasar dengan paket layanan yang tersedia, 3. Meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di destinasi wisata.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari secara berturut-turut dari tanggal 13 Desember 2021 s/d 15 Desember 2021 dan peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari berbagai pengusaha, Homestay dan Pemandu Wisata lainnya, Dalam Kegiatan Pelatihan ini turut menghadirkan 3 orang sebagai narasumber yaitu Fotani Zai, S.Pd.,MM ( Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara), Yurman Waruwu, S.Kep.Ns.,M.Kep.,M.Si ( dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara), Herwil Junaidi Harefa, SE ( Pramu Wisata di Kabupaten Nias Utara).

Dalam arahan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd menyampaikan pertama sekali kita bersyukur kepada Tuhan, kita di beri kesempatan melakukan agenda daerah dalam hal melaksanakan kegiatan pengelolaan toilet oleh Dinas Pariwisata. "Kita tahu bahwa toilet ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kawasan daerah wisata, untuk itu saya mengajak seluruh peserta atau duta-duta pariwisata untuk melakukan suatu Gerakan kepada masyarakat tentang masalah kebersihan toilet terkhusus di daerah kawasan wisata di Kabupaten Nias Utara".Bupati Nias Utara juga menyampaikan bahwa toilet di destinasi wisata masih perlu di tingkatkan dan di pelihara kebersihannya.

Bupati Nias Utara mengharapkan melalui pelaksanaan pelatihan tersebut para duta-duta di destinasi pariwisata bisa menjadi fasilitator terhadap masyarakat tentang kebersihan toilet di kawasan wisata " saya harapkan dengan pelatihan ini peserta pelatihan mampu menjadi pelopor atau penggerak dan menjadi penyebar informasi  terhadap masyarakat tentang bagaimana pengelolaan toilet di kawasan wisata dan juga di sekeliling lingkungan kita"

Mengakhiri arahannya berharap toilet-toilet yang ada dikawasan wisata di kabupaten Nias Utara semakin baik kedepannya dan dengan adanya pelatihan tersebut pelayanan di lokasi wisata dapat di tingkatkan sehingga kenyamanan pengunjung menjadi potensi berkembangnya suatu kawasan wisata. "Pemerintah Kabupaten Nias Utara berterimakasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan semoga kegiatan ini di berkati Tuhan dan bisa bermanfaat sehingga hasil yang kita dengar dapat di aktualisasikan kepada masyarakat sehingga kawasan wisata di Kabupaten Nias Utara bisa lebih maju kedepannya".tutupnya

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Asisten, Staf Ahli, ASN Lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara, dan seluruh Peserta Pelatihan. (S.Mendofa)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama