Gubsu Terima Kunjungan Kehormatan Duta Besar RRT

 Lassernews.com - Medan, - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H T Erry Nuradi MSi menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Mr Xie Feng didampingi Konjen RRT Zhu Hong Hai di ruang kerja Lantai 9 Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (28/6). Dalam kesempatan itu, Gubsu menawarkan peluang-peluang kerjasama bisnis diantaranya pembangunan pembangkit listrik, infrastruktur transportasi, industri perkebunan dan pariwisata.
"Kami mempersilahkan investor RRT untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Sumut," ajak Erry.  Erry juga mengungkapkan  bahwa telah ada beberapa investor dari RRT yang berinvestasi dan sedang bekerja di Sumatera Utara di bidang energi seperti pembangkit listrik di Belawan dan Pangkalan Susu dan juga pada infrastruktur di Sumut seperti pembangunan jalan tol Kuala Namu. "Pemprovsu berharap agar investor yang sedang bekerja di Sumatera Utara agar terus menjaga kualitasnya untuk menjaga nama baik RRT di Indonesia," kata Erry. Hal tersebut disampaikan Erry karena dari pekerjaan yang sedang ditangani investor dari RRT terdapat beberapa kendala dari segi kualitasnya.

"Masih Dalam kesempatan itu, Erry mengajak RRT untuk menamkan modal di Sumut khususnya di bidang energy. Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan kebutuhan listrik di Sumut mencapai 1,5 kali pertumbuhan ekonomi. Hari ini kebutuhan dihasilkan 2.000 mw untuk Sumut, maka tahun depan ada peningkatan butuh hingga 300 MW. "Saya yakin potensi investasi di bidang Energy sangat baik di Sumut dan RRT sangat berpengalaman pada bidang itu," sebut Erry.
Gubsu juga berusaha meyakinkan bahwa Sumut adalah tujuan investasi yang tepat bagi para investor termasuk RRT. "Sumut adalah provinsi ke empat terbesar di Indonesia. Memiliki banyak potensi, pertumbuhan ekonomi  di atas rata-rata nasional. Kekuatan utama Sumut adalah potensi perkebunan dimana Sumut menduduki posisi ke dua perkebunan sawit di Indonesia," jelas Gubsu.
Lebih jauh lagi, Gubsu menjelaskan Sumut merupakan pusat pengembangan ekomomi di wilayah Barat diantaranya pengembangan KEK Sei Mangkei dan Kawasan Strategis Nasional Danau Toba. Selain pengembangan industri Sawit dan Karet, Sumut juga miliki peluang yang bisa dikerjasamakan dalam pembangunan infrastrukur. Dijelaskan Gubsu, ada beberapa projek besar diantaranya pembangunan pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung, bandara udara di beberapa daerah di Sumut dan jalan tol yang merupakan bagian dari tol trans Sumatera serta keretaapi serta energy listrik. Demikian juga bidang kemaritiman, miliki pantai barat dan pantai timur. Juga potensi prikanan tangkap maupun budidaya.

Termasuk pariwisata Gubsu juga mengajak RRT untuk ikut ambil peluang dalam bidang pariwisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara yaitu di Kawasan Danau Toba yang akan dijadikan seperti kawasan wisata Nusa Dua Bali. "Pemprovsu berharap ada penerbangan langsung dari Medan ke RRT," ujar Gubsu.

 Dubes RRT Xie Feng mengatakan bahwa RRT telah mendengar bahwa Sumatera Utara memiliki banyak potensi untuk dapat dikerjasamakan. Oleh karenanya kami ingin melihat langsung potensi-potensi yang cukup besar yang ada di Sumatera Utara.

"Terimakasih sudah menerima saya dan rombongan, kehadiran kami untuk mempererat dan lebih meningkatkan hubungan kerjasama yang telah terjalin selama ini," kata Xie Feng.  Menurutnya,  Sumatera Utara termasuk provinsi yang berpengaruh untuk perkembangan Ekonomi di Indonesia.
"Dari jumlah penduduk terbesar ke empat di Indonesia dan merupakan pintu gerbang Indonesia bagian barat, Sumatera Utara memiliki peran penting perkembangan ekonomi di Indonesia," kata Xie Feng.

Menyahuti tentang investor RRT yang sedang bekerja di Provinsi Sumatera Utara dan masih ada kendala dan ouputnya masih belum sesua dari rencana, Xie Feng mengatakan dirinya didampingi konjen India dan pihak konsul akan meninjau langsung ke lokasi pekerjaan tersebut dan menyampaikan keluhan-keluhan yang disampaikan Bapak Gubernur.

"Saya akan ke lokasi dan menyampaikan informasi ini dan berbicara dengan para investor kami yang sedang bekerja disini," sebutnya seraya menyarankan agar ada pertemuan lebih lanjut untuk membicarakan pekerjaan yang sedang dilakukan para investor dari RRT guna mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan untuk kebaikan hubungan dua negara.

Dubes RRT mengatakan bahwa pihaknya ingin terus meningkatkan hubungan kerjasama dengan Indonesia, khususnya dengan Provinsi Sumatera Utara yang benar-benar memiliki banyak potensi dan untuk pengembangannya masih perlu dukungan dari berbagai pihak dan investor dari luar. "Terimakasih, RRT berharap agar hubungan kerjasama yang selama ini telah terjalin dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan. RRT siap dan terus meningkatkan kualitas pekerjaan," ujar Dubes.
Turut hadir dalam rombongan  Dubes RRT, Isteri Dubes RRT Wang Dan, dari Kedubes China Wong Shikun, li Jibin, Hu Yang, dan dari  Konjen China Chang Xiao Zhu dan Niu Yujia. Sementara itu Gubsu didampingi Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Provsu Ir Purnama Dewi, Kadis Perindag Sumut Ir Alwin, Kepala  Bappeda Sumut Dr Arsyad Lubis dan Pejabat Eselon III di lingkungan Pemprovsu. (Rel/ www.hariandeteksi.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama