Walikota Medan Buka Pelatihan Operator Kontainer dan Pemahaman K3

Medan,LasserNews.com - Di era Globalisasi termasuk pembelakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, kualitas sumber daya manusia disegala bidang termsuk dalam mengoperasikn kontainer serta pemahaman Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) dirasa sangat penting sekali karena ini merupakan pekerjaan yang sangat berat, pada dasarnya seorang operator kontainer harsulah seseorang yang sudah memenuhi syarat, lulus sertifiaksi dan juga memiliki pengalaman dalam mengoperasikan kontainer.

Hal ini dikatakan Walikota Medan diwakili Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Drs H Hasan Basri pada saat membuka pelatihan kepada para operator Kontainer Dermaga Belawan, Jumat (12/6) di Medan Club jalan Kartini Medan, hadir anggota DPRD Medan Surianto SH, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Adeksi) Pusat Dr H Sungkono Ali MM, GM Pelindo Belawan serta perusahaan Depo Kontainer Belawan.

Dikatakannya, orang yang mengoperasikan kontainer harus familiar terhadap kontainer yang dioperasikan, karena setiap kontainer memiliki spesifikasi dan karasterik berbeda, walaupun dari tipe dan manufactur yang sama, maka melalui kegiatan kursus basic depo container ini para peserta kursus diharapkan memiliki skil dan pengetahuan dalam mengoperasikan kontainer serta menkingkatkan kepduliannya terhadap K3 di lapangan.

Hasan meminta kepada para operator kontainer harus selalu berhati-hati karena tidak bisa mempredeksikan apa yang terjadi di lapangan, sekecil apapun kesalahan yang dilakukan dapat berakibat fatal, tidak saja berakibat krugian material tetapi juga kehilangan nyawa, maka untuk itu seorang oparator kontainer harsu berhati-hati dalam pelaksanaan tugasnya.

" Kita juga harus memiliki kontrol, pengendalian diri yang kuat, karena seorang operator kontainer harus dalam keadaan bugar dan fit, tidak dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan, karena ini dapat mempengharuhi keselamatan dan kesehatan kerja di lapangan, " ujar Hasan.

Ketua Adeksi Sumut Drs Khairul Mahali mengatakan, kursus ini merupakan terobosan pengurus Adeksi pusat dan Kota Medan merupakan yang pertama melakukan basic container cuorse ini, selain itu juga Adeksi pertama lahir adalah di Kota Medan pada 10 tahun yang lalu, kursus ini sangat penting kerana menyangkut standar kompetensi, sebab belum ada standar dan perusahan Depo kontainer seharusnya sedang menunju kesana.

Kursus ini berlangasung 12 dan 13 Juni, para peserta kursus hari pertama mepalajari tiori dan hari kedua peraktek dilapangan, para nara sumber merupakan yang profesiaonal dan ahlinya dari Jakarta. (Kzega)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama