Kepala Kasat Pol-PP Medan Bocor di Lempar Batu

Medan,LasserNews.com - Para pedagang di Jalan Sutomo yang membandel dan tidak mau dipindahakan semakin brutal dan mengganas kepada para petugas, kebrutalan para pedagang tersebut mengakibatkan 12 orang anggota Satuan Pamong Praja Kota Medan cedera, diantaranya sebelas orang cedera ringan termasuk Kasatpol PP M Sofyan yang mengalami luka di kepala akibat lemparan batu dari pedagang tersebut sekarang dirawat di Rumah Sakit Murni Teguh, sedangkan satu orang  M Yusuf Syahdan (53) mengalami luka serius dan perlu mendapat perawatan intensif kini dirawat di Rumah Sakit Pirngadi Medan, Senin (15/6/2015).
          
Seperti biasanya para petugas Satpol PP Kota Medan melakukan tugas rutin membersihkan para pedagang yang berjualan di Jalan Sutomo dan sekitarnya terkait pemindahan para pedagang ke Pasar Induk Medan Tuntungan, walaupun setiap pelaksanaan pembersihan tersebut terjadi perlawan dari para pedagang namun hari ini Senin (15/6/2015) subuh para pedagang menunjukkan kemarahannya, bertindak brutal dan menyeraang para petugas dengan menggunakan batu, kayu, sajam dan lainnya terhadap para petugas Satpol PP.
          
Kronologis kejadian tersebut, para petugas Satpol PP sudah berkumpul di jalan Sutomo sejak pukul 22.00 Wib guna melakukan penertiban dan pembersihan, pada pukul 05.15 Wib saat para petugas mengosongkan barang dagangan terjadi perlawanan, posisi petugas Satpol PP berada di tengah-tengah para pedagang, tanpa dikomandoi pedagang disisi kanan dan sisi kiri tiba-tiba menyerang petugas dilanjut dari sisi belakang, karena jumlah petugas sedikit maka petugas berlari kedepan menyelamatkan diri.

Saat kejadian itu M Yusuf Syahdan berada paling belakang bersama Kasatpol PP, naas bagi M Yususf dia dikepung dan diamuk para pedagang tersebut, sementara yang lainnya dapat menyelamatkan diri dari hujanan batu dan benda lainnya. M Yususf Syahdan mengalami luka cukup serius di kepala persis diatas telingah kanan koyak selebar 15 centi, muka lembab, serta sekujur badan memar karna injakan para pedagang, M Yusuf dapat diselematakan dari amukan para pedagang dan langsung dilarikan ke Rumah Sakait Pirngadi Medan sedangkan yang lainnya di bawah ke Rumah Sakit Murni Teguh.

" Kami sudah stand bay pukul 23.00 dan bergejolak kejadiannya pada pukul 05,30 Wib, terjadi lempar- lemparan antar pedagang dengan petugas persisnya diterminal lama, karena jumlah pedagang lebih banyak maka kami menghindar sambil berlari sementara dari sisi kiri dan kanan kami terus dihujani batu oleh para pedagang, kebetulan saya dan Kasatpol PP paling belakang," jelas M Yusuf.

Kasatpol PP M Sofyan menjelaskan, sesuai rencana para petugas Satpol PP melanjutkan tugas merelokasi Pasar Sutomo dan sekitarnya ke Pasar Induk Tuntungan, seperti biasa bersama dengan tim gabungan pada saat melakukan penyisiran terhadap para pedagang yang masih beraktifitas, disini ada perlawan oleh masa pedagang, mereka melempari petugas dengan memakai batu sehingga ada korban yang 12 orang ini.
" Kita akan melakukan laporan kepada pihak Kepolisian terhadap kejadian ini agar segera diproses sesui dengan hukum yang berlaku, " tegas Sofyan.
          
11 petugas mengalami luka ringan seperti, luka di kepala, kaki terkilir, muka lembab merah, badan lembam merah dirawat di Rumah Sakit Murni Teguh yakni, Kasatpol PP M Sofyan, M Fahri Lubis (43), Riston Siregar (37), Faisal (29), Syahlan (41), Albert (49), Irwan Syahputra (46), Sumanto (46), Dedy Harahap (39), Difson Purba (34), dan Erwinsyah (34). (Kzega)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama