Danrem 022/PT Tinjau Progres Bendungan Lau Simeme


SWARAHUKUM.COM-Sibiru-Biru, Dandim 0204/Deli Serdang, Letkol Inf Alex Sandri, SHub Int, MHI, mendampingi Danrem 022/PT, Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, SE, meninjau progres Bendungan Lau Simeme di Desa Sarilaba Jahe, Kecamatan Sibiru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (28/5/2024).


Kegiatan kunjungan Danrem diawali dengan mendatangi Markas Koramil 0204-04/Sibiru-Biru, Kodim 0204/Deli Serdang. 


Setelah menerima laporan situasi wilayah dari Danramil 0204-04/Sibiru-Biru, Kapten Arh AW Sembiring sekaligus bertatap muka dengan Prajurit, Danrem kemudian melakukan temu ramah dengan unsur Forkopimca Sibiru-Biru yang terdiri dari Camat, Rahmad Hidayat, SIP, dan Kapolsek, AKP Natanael Sitepu.

 

Selanjutnya Danrem dengan didampingi Dandim, Danramil serta Pasi Intel Kodim 0204/DS, Lettu Kav Murfi, bergerak menuju lokasi bendungan Lau Simeme dan diterima Maruli Simatupang, ST, MDM, di Kantor Proyek Bendungan Lau Simeme.


Di sini Danrem mendapat penjelasan progres pengerjaan Bendungan Lau Simeme yang ditargetkan operasi pada Juli 2024 mendatang. 


Bendungan Lau Simeme merupakan satu dari 61 Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk pembangunan bendungan selama periode 2014-2024. 

 

Bendungan ini dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.


Proyek bernilai Rp1,65 triliun ini mulai dikerjakan pada tahun 2017, dengan konstruksi paket 1 oleh PT Wijaya Karya - PT Bumi Karsa (KSO), dan paket 2 oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) - PT Andesmon Sakti (KSO).

 

Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta m³ ini memiliki dua fungsi utama yaitu untuk reduksi banjir area Kota Medan sebesar 289 m3/detik atau mampu mereduksi 30 persen debit banjir, serta penyediaan air baku sebesar 3.000 liter/detik atau menambah suplai air baku untuk 600 ribu jiwa di Medan dan Deli Serdang.


Selain itu, bendungan Lau Simeme ini juga memiliki fungsi tambahan untuk penyediaan energi listrik sebesar 1 MW serta sebagai destinasi pariwisata.(Ril)


Sumber: Kodim 0204/DS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama