Bupati Nias: Bangga dengan Peran Kegiatan Perempuan yang Visioner Terarah dan Produktif


SWARAHUKUM.com-Nias, Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias gelar Seminar dan Launching Produk Keripik Pisang Gaenose bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Gido, Selasa (25/10/2022).


Terpantau kegiatan ini turut hadir, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara atau yang Mewakili, Kepala Dinas yang menangani urusan Koperasi, UMKM dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Nias, Ketua TP.PKK Kabupaten Nias, Ketua Dekranasda Kabupaten Nias, Ketua DWP Kabupaten Nias, Segenap pengurus/pengawas/anggota Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias, Pimpinan Sinodal Denominasi Gereja /BKMT, Para Pelaku UMKM, Gerakan Nias Bersatu dan hadirin.


Dalam sambutan, Bupati Nias Yaatulo Gulo, SE, SH, M.Si menyampaikan bahwa dalam peningkatan kesejahteraan, peran perempuan patut diapresiasi sebagai salah satu tonggak utamanya.


“kaum perempuan di Kepulauan Nias pada saat ini sudah mulai visioner, terarah dan produktif dalam meningkatkan kesejahteraannya. Salah satu buktinya adalah acara yang diadakan pada hari ini yaitu Launching Produk Keripik Pisang Gaenose” ujar Bupati Nias.


Adapun kunjungan Pemeritah Kabupaten Nias adalah Kabupaten Nias Maju dengan misi Petani, Peternak, dan Nelayan Produktif. Pembangunan ekonomi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memperhatikan peningkatan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta pemberdayaan koperasi dan UMKM.


“Keberadaan Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias, yang melaksanakan Peluncuran Produk Keripik Pisang Gaenose dan Seminar menjadi salah satu bentuk kegiatan yang mendukung terhadap ketercapaian misi tersebut” tegas Bupati Nias.


Lebih lanjut Bupati Nias berharap agar apa yang telah dirintis oleh Koperasi Konsumen Osseda Faolala Perempuan Nias dapat menjadi Role Model peningkatan kesejahteraan perempuan di Kepulauan Nias sekaligus menginspirasi Para Pemangku Kepentingan agar berkolaborasi bersama demi kemajuan dan peningkatan pendapatan perempuan Nias sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Untuk diketahui, pada bulan September 2022, Koperasi Ossseda mulai merintis usaha baru yaitu produk keripik pisang Gaenose yang terbuat dari gae Siata Nias dengan berbagai varian rasa yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Usaha baru ini dirintis sebagai pemanfaatan kekayaan pangan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan khususnya.


Langkah awal usaha ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Nias sebagai bagian pendampingan terhadap pelaku UMKM Kabupaten Nias. Oleh karena itu, saat merayakan Hari Pangan Sedunia K Osseda melakukan dua kegiatan yaitu Launching Produk Keripik Pisang Gaenose dan Seminar Dengan Topik Kekayaan Pangan Lokaloperasi Untuk meningkatkan Kesejahteraan Perempuan. (SL)

Sumber : DETEKSI.co

Editor   : Ucapan Logika Gaho

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama