Bupati Asahan Hadiri Rakorwil APKASI Sumatera Utara


SWARAHUKUM.COM - Asahan, Bupati Asahan H. Surya, BSc menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) se Sumatera Utara di Aula Kantor Bupati Serdang Bedagai, Kamis (19/05/2022).


Rakorwil ini dihadiri Asisten I Provinsi Sumatera Utara, Ketua Umum APKASI, Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera Utara Dewan Pengurus APKASI (Bupati Serdang Bedagai), Kepala Daerah se-Sumatera Utara dan tamu undangan lainnya.


Dalam sambutannya Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat mengatakan APKASI akan mendorong dan memfasilitasi dalam meningkatkan pembangunan Daerah, juga meminta setiap Daerah untuk fokus dalam mengembangkan produk unggulan didaerahnya masing-masing, sehingga bisa saling menopang, bisa saling mengisi dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.


Ditempat yang sama Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten I Provsu Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP mengapresiasi dan mengatakan tujuan dari APKASI ini sangat baik, dapat mengkoordinasikan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan menjadi wadah untuk pembangunan Daerah, serta berharap, apa yang menjadi pembahasan dalam Rakorwil ini dapat diwujudkan sehingga kita dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Utara.


Sementara Korwil Sumatera Utara Dewan Pengurus APKASI H. Darma Wijaya pada pidatonya berharap kita dapat mengemban amanah sesuai dengan visi yaitu " membangun sinergi kerja antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi dengan semangat keberagaman budaya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi pada masa dan pasca pandemi".


Selanjutnya Darma Wijaya yang juga merupakan Bupati Serdang Bedagai mengajak, untuk membangun sinergi tata kelola Pemerintah Pusat dan Kabupaten, menyelaraskan pembangunan infrastruktur, memperkuat hubungan perdagangan, meningkatkan kerjasama sosial-kemasyarakatan, budaya dan pariwisata untuk membenahi ekonomi terutama pemulihan ekonomi nasional akibat covid 19, memperkuat kolaborasi antar daerah serta meningkatkan solidaritas antar daerah dalam penanggulangan bencana alam dan non alam yang menimpa Kabupaten, Provinsi dan Nasional sesuai dengan program kerja APKASI.

Kegiatan ini dirangkai dengan penandatangan MoU antara Kepala Daerah se Provinsi dalam peningkatan pembangunan Daerah se-Sumatera Utara.


Setelah usai mengikuti Rakorwil ini Bupati Asahan H. Surya, BSc didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kepala Bappeda Kabupaten Asahan, Kabag Pemerintahan Setdakab Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung sepenuhnya Program APKASI ini.


"Sebagai wadah Pemerintah Daerah, APKASI memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat Kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Jadi sudah semestinya Pemerintah Kabupaten Asahan yang memiliki visi dan misi mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarter mendukung penuh program APKASI ini," ucap Bupati Asahan.(Dek)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama