Pemkab Pakpak Bharat Jajaki Kerjasama dengan Unhan

LASSERNEWS.COM - Pakpak Bharat, -Sebagai langkah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Pakpak Bharat, Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr Asren Nasution menjalin kerjasama dengan salah satu kampus yang berkonsentrasi dalam urusan pertahanan dan bela negara, yaitu Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan).

Pj Bupati yang didampingi Asisten Pemerintahan Drs H Tekki Angkat, Ka Dinas Pendidikan, Mester Padang, Plt Ka Dinas Kominfo, Aryanto Tinambunan dan Ka Bagian Humas Setda, Abdul Ghani Berutu, mengunjungi kampus yang berada di kompleks Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, Bogor, yang disambut Rektor Unhan, Letjen TNI, Dr Tri Legionosuko didampingi Wakil Rektor I, Mayjen TNI Sudibyo, Warek II, Mayjen TNI Lasmono, Warek III, Mayjen TNI Hipdizah, Kasatwas Unhan Mayjen TNI Wibisono, dan Karo AK Unhan, Brigjen TNI Yusuf. Tampak hadir dalam kesempatan ini, Ketua Ikepada (Ikatan Keluarga Pakpak Dairi), Bachtiar R Ujung.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati secara singkat mendeskripsikan tentang Kabupaten Pakpak Bharat yang baru dimekarkan 16 tahun dari Kabupaten Dairi, sekaligus situasi dan kondisi masyarakat di sana yang sedang berusaha keras meningkatkan kesejahteraannya, yang salah satunya melalui aspek pendidikan. Pj Bupati berharap besar agar Unhan membuka peluang kepada Kabupaten Pakpak Bharat yang akan ditegaskan nantinya melalui Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkab Pakpak Bharat dengan Unhan.

Pemkab Pakpak Bharat, lanjutnya, berharap Unhan yang terdiri dari 4 Fakultas dapat membuka ruang kesempatan bagi mahasiswa post graduate (magister/doktoral atau S2/S3) Unhan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah Kabupaten Pakpak Bharat, dan nantinya dapat memberi kontribusi bagi daerah. Dipertimbangkan bahwa program studi yang cocok untuk sementara ini adalah terkait Bela Negara, Penanganan Konflik dan Ketahanan Energi.

"Sebagai gambaran umum, Pakpak Bharat sudah memprogramkan bantuan beasiswa ke seluruh lulusan SMA/MA/SMK se-Pakpak Bharat ke seluruh PTN di Indonesia, yang diberikan menurut program studi dan akreditasi jurusan. Selain meningkatkan jumlah lulusan diterima di berbagai PTN, Kabupaten Pakak Bharat juga mengikat kerjasama dengan berbagai PTN seperti IPB, UGM dan UNIMED, yang kisaran jumlah diterima di PTN setiap tahunnya lebih kurang 150 orang," ungkap Pj Bupati dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Minggu (11/08/2019).

Sementara itu, Rektor Unhan mengaku menyambut baik rencana tersebut berjanji untuk berdiskusi bersama jajarannya untuk menindaklanjuti rencana tersebut. Bagaimanapun menurutnya, proses yang harus dilalui pada kampus yang didirikan 10 tahun yang lalu ini, tidak sederhana karena tetap harus melalui seleksi yang ketat sesuai dengan mutu dan kualitas yang dibutuhkan. (Rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama