Kapolres Pelabuhan Belawan Sidak Seluruh Vihara Wilkum

LASSERNEWS.COM - Belawan, Dalam rangka Perayaan hari Raya Imlek Tahun Baru Chinese 2570 yang tepatnya jatuh pada hari selasa (5/2/2019),pihak dari Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan dan Jajarannya melakukan patroli pengamanan di sejumlah tempat rumah ibadah diwilayah hukumnya dimulai sekira pukul 07.00 wib untuk memberikan kenyamanan umat Budha yang sedang ibadah pada tahun baru imlek yang disambut dengan senang oleh warga tiongha atas kehadiran dari pihak kepolisian.

Keterangan dari Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH.MH menjelaskan Pengamanan tersebut dilakukan oleh para personil yang terlibat dalam pengamanan Vihara atau Pekong telah menempati ploting masing – masing dan melakukan sterilisasi disekitar objek pengamanan dan berkoordinasi dengan pengurus Vihara atau Klenteng,selasa (5/2) pukul 07.00 wib.

Serta jumlah personil pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan atau sembahyang Hari Raya Imlek diwilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan sebanyak 177 personil yang diturunkan terdiri dari Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto.SH.SIK.MH, Kapolsek Hamparanperak Kompol Azuar.SH, Kapolsek Belawan Kompol Safaruddin Tama dan 11 orang pelaksana serta Personil yang melakukan pengamanan di Vihara sebanyak 163 orang. Ujar AKBP Ikhwan.

Selanjutnya dikatakan Kapolres " Jumlah Vihara atau Klenteng yang dilakukan pengamanan diwilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan sebanyak 44 Vihara atau Klenteng yakni dari  Polsek Belawan sebanyak 6 Vihara, Polsek Medan Labuhan : 30 Vihara, Polsek Hamparan Perak : 8 Vihara.

Dari 50 Vihara yang dilakukan pengamanan, sebanyak 7 vihara besar dilakukan prioritas pengamanan yang terdiri dari  Vihara Hiap Thia Keng, Jalan Rupat Belawan, Pekong Thai Seng Tuah, Jalan Pelabuhan Perikanan Gabion, Pekong Kio Ong Ya, Perum Pesona Malibu Kel. Rengas Pulau, Pekong Siu San Keng, Jalan KL Yos Sudarso Lk. IX Kel. Pekan Labuhan
Pekong Sewa Cit Seng Kong, Lk. V Kel. Besar
Vihara Purba Rama, Jalan Timah Kel. Kota Bangun dan Klenteng Budhi Kamti, Desa Paya Bakung.

Sementara kegiatan pengamanan dilakukan oleh personil Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek jajaran dilakukakn secara terbuka dan tertutup dengan terlebih dahulu berkoordiasi kepada para pengurus Vihara tersebut.Ucapnya AKBP Ikhwan.

Selain itu, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan.SH.MH beserta Pejabat Utama Polres Pelabuhan Belawan Kabag Ops, Kasat Intelkam AKP Sutarjo BI Manullang, Kasat Sabhara AKP Eriyanto Ginting, Kasat Lantas AKP MH Sitorus, Kanit Reskrim Polsek Medan Labuhan Iptu Bonar Pohan.SH juga melakukan patroli dan monitoring situasi Kamtibmas perayaan Imlek diantaranya di Vihara Siu San Keng Pekan Labuhan dan Vihara Cit Seng Kong Paya Rumput.

Sampai saat ini situasi diwilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan terkait pengamanan Perayaan atau Sembahyang Imlek masih dalam keadaan aman dan baik. (Isma)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama