Komandan Pangkalan Udara Papua kawal Kloter Calon Jamaah Haji Daari Labuhan Batu Selatan

LASSERNEWS.COM - Medan, Komandan Pangkalan Udara (Dan Lanud) Jayapura, Papua  Marsekal Pertama Ir. Tribowo Budi Santoso, MM merupakan salah satu satu calon jamaah haji Sumatera Utara, yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci tahun 2018. Dilepas Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan,H Kholil Jufri Harahap, Sabtu pagi (10/8/2018), melalui Asrama Haji Medan menuju Bandara Kualanamu,untuk selanjutnya diterbangkan ke Bandara Jeddah Arab Saudi.

Marsekal I Tribowo Budi Santoso merupakan salah satu dari Tim Panitia Haji Daerah (TPHD) di kelompok terbang (kloter) 19 yang terdiri dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebanyak 363 orang dan Kabupaten Dari 18 orang. Jumlah keseluruhannya termasuk para petugas haji daerah dan pusat sebanyak 389 orang.

Kholil Jufri Harahap kepada wartawan usai melepas calon haji dari daerahnya mengatakan, kloter 19 dari Labuhanbatu Selatan ini merupakan kloter istimewa, karena didalamnya ada Dan Lanud Jayapura Papua yang ikut dalam rombongan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Dia sangat yakin Tribowo yangbelum lama ini melepas jabatannya selaku Panglima Komando Pertahanan Udara (Pangkosek ) III Medan akan menjadi inspirasi bagi para calon haji. Dan dia juga menitip kepada  Dan Lanud Jayapura tersebut, agar turut memperhatikan para calon haji, terutama yang berusia lanjut.

Di dalam rombongan tersebut, selain Marsekal Pertama Tribowo Budi Santoso, turut juga berhaji para pejabat terus kabupaten tersebut, diantaranya Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan Khairul Harahap bersama sejumlah anggota DPRD kabupaten tersebut dan ditambah lagi beberapa orang pejabat Pemkab.

Marsekal Pertama I Tribudi Santoso dalam percakapannya dengan sejumlah wartawan, usai mengikuti program biomentric, sangat bersyukur karena mendapat kesempatan dari Allah untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima tahun 2018, apalagi melalui Sumatera Utara. Sebelum berhaji ini,  sudah lebih dulu melakukan ibadah umroh ( haji kecil). Umroh tersebut katanya sangat membantu pelaksanaan haji, karena sudah tahu hal apa yang akan dikerjakan disana

Perwira tinggi TNI Angkatan Udara ini, yang baru mendapat tugas baru sebagai Komandan Pangkalan Udara di Jayapura Papua ini mengaku sangat terkesan dengan penduduk Sumatera Utara karena sangat religius dan saling menghargai sesamanya. Saya sangat berterima kasih kepada atasan saya, karena mempercayakan tugas di Sumatera Utara. "Alhamdulilllah, tugas tersebut dapat saya laksanakan dengan sebaik-baiknya" katanya.

Selaku Pati TNI, dan dari pengalamannya bertugas di Medan dia, kerukunan ummat beragama di provinsi ini, khususnya di Medan patut menjadi contoh bagi provinsi lainnya Selaku Pangkosek dia pernah diminta menjadi khatib di Masjid Raya Al Mansun, mesjid kebanggaan ummatIislam Sumatera Utara. Dia juga bersma prajuritnya, membersihkan halaman masjid Raya, dan melakukanm pengecetan. 

Jenderal yang dikenal dekat dengan para ulama ini juga pernah memberikan kuliah umum tentang berbagai masalah, termasuk keamanan negara di berbagai perguruan tinggi di Medan, diantaranya USU, UISU, UMSU,UINSU, termasuk Universitas Malikul Saleh di Aceh.

Sesuai dengan yang disampaikan para ulama katanya, dia juga akan memanjatkan doa yang tulus di tempat-tempat suci, dimana doa kita langsung dikabulkan oleh Allah. Selain berdoa untuk kelematan keluarganya, dia juga katanya akan berdoa untuk selematan bangsa kita, agar terhindar dari marabahaya. Bayangkan saja 250  ribu ummat Islam yang berangkat ke tanah suci akan sama-sama berdoa untuk keselamatan bangsa kita. Apalagi dalam menghadpi hajatan bear, berupakan Pemilihan Presiden  sekalgus pemilihan anggot legeslatif daari tingkat pusat hingga tingkat kabupaten/kota.

Percakapan yang santai ini didampingi Kapten CAJ, Mario dari Bintal Kodam I / BB yang selama pemberangkatan dan pemulangan haji Sumatera Utara bertugas sebagai Pembinaan Pembimbing Ibadah Tim Kesehatan Ketua Rombongan dan Ketua Regu.(Zainal Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama