BUMDes Bangun Mandiri Desa Bekiung Salurkan Bantuan Sosial dan Berbagi Hadiah

LASSERNEWS.COM - Kuala, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bangun Mandiri Desa Bekiung kecamatan Kuala kabupaten Langkat provinsi Sumatera Utara Melakukan kegiatan Gebyar HUT RI ke-73 sekaligus kegiatan sosial berbagi sembako kepada masyarakat.

Kegiatan yang dipusatkan di kantor BUMDes Bangun Mandiri di Jalan Binjai-Kuala Dihadiri Oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. Jaya Sitepu yang Diwakilkan oleh Kabid Pemberdayaan dan Perekonomian Dinas PMD Langkat Khairuddin, S.Sos, Kasi BUMDes dan Pasar Desa Dinas PMD Langkat Kristin, Sekcam Kuala Fajar.

Kemudian Tampak hadir juga, Kepala Desa Bekiung Suriadi Surbakti, Ketua BUMDes Bangun Mandiri, Supono ST dan Jajaran Pengurus, Pengurus Akurindo Sumut dan Langkat dan ratusan nasabah BUMDes Bangun Mandiri.

Dalam kegiatan itu juga, ditampilkan beberapa hasil produk unggulan dari berbagai BUMDes yang ada di Langkat, seperti BUMDes Sejahtera Bersama Pulau Kampe yang menampilkan produk belacannya. Kemudian BUMDes Sekar Wangi Perkebunan Turangi  menampilkan kerajinan tangan, ada juga BUMDes Warrohmah menampilkan gula merah dan kolang kalingnya.

Ketua BUMDes Bangun Mandiri, Supono mengatakan pada tahun 2018 ini, kita memberikan 12 paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

Kemudian, pada kegiatan ini juga diberikan reward atau penghargaan kepada nasabah yang sudah mempercayakan BUMDes Bangun Mandiri sebagai tempat menyimpan maupun meminjam dana untuk modal usaha dan keperluan lainnya.

"Hadiah utama kita sediakan TV LED 24 Inci masing-masing kepada nasabah teladan yang tidak pernah telat membayar tagihan dan rutin menabung di BUMDes," ungkapnya, Kamis (30/8/2018).

"Kita ingin membangun desa ini melalui BUMDes, yakni kita jadikan BUMDes sebagai lokomotif perekonomian masyarakat desa, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian warga," kata Supono.

Dia optimis Kalau Bumdes ini dokelola dengan baik, makan nanti akan terbangun unit-unit usaha yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan, seperti unit Simpan-Pinjam, Peternakan, dan Pembayayan BRI Link.

"Perlu saya tegaskan, BUMDes ini bukan Milik Kepala Desa, bukan milik saya. Tapi BUMDes ini milik masyarakat Desa Bekiung. Jadi marilah kita bersama-sama membesarkan BUMDes ini," tegas Supono sembari mengakhiri sambutannya. 

Sementara itu Kabid Pemberdayaan dan Perekonomial Dinas PMD Langkat, Khairuddin, S.Sos yang membuka langsung kegiatan Gebyar HUT RI ke-73 dan Kegiatan Sosial BUMDes Bangun Mandiri ini mengaku bangga melihat kekompakan masyarakat di Desa Bekiung ini.

"Mewakili pemerintah daerah, kami apresiasi kegiatan BUMDes Bangun Mandiri ini yang sudah bisa eksis menjadi penggerak ekonomi di Desa ini," ungkap Khairuddin dalam sambutannya.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama dengan pengurus BUMDes bahu membahu membesarkan BUMDes ini menjadi lebih besar dan maju lagi.

"Mari kita semua bersatu untuk membesarkan BUMDes ini. Karena BUMDes ini bukan Milik Pengurus maupun kepala desa, tapi milik masyarakat. Jadi manfaatkanlah BUMDes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.(AR.Limbong)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama