PALI Sumsel Raih Penghargaan KLA

LASSERNEWS.COM - PALI– Berdasarkan Hasil Penilaian Evaluasi Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil meraih penghargaan KLA.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. DR. Yohana Susana Yembise, kepada Bupati PALI, yang diwakili oleh. Asisten 1 pada Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Senin malam (23/7).

Penghargaan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas segala jerih payah para Bupati dan Walikota dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yaitu pemenuhan hak anak.

Sejak pemerintah meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990, negara berkewajiban memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam konvensi tersebut.

Kabupaten PALI melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) selalu berusaha untuk terus meningkatkan upaya-upaya pemenuhan hak anak di kabupaten PALI.

Selain penghargaan KLA, Bupati PALI juga menerima Penghargaan Pemenuhan Hak Sipil Anak Tahun 2018. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Kabupaten/ Kota yang mampu meningkatkan cakupan kepemilikan akte kelahiran.

Dengan diberikannya penghargaan tersebut berarti Kabupaten PALI telah mampu meningkatkan cakupan akte kelahiran melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Bupati PALI melalui Asisten 1, Rizal Pahlevi megemukakan bahwa dengan penghargaan yang telah diraih saat ini menandakan bahwa kinerja Bupati dalam mendukung program KLA diakui pemerintah pusat.

"Dedikasi pak Bupati sudah kita ketahui bahwa beliau sangat mendukung program ini, tentu kami atas nama pemerintah daerah sangat ,sebab tidak seluruh daerah di Indonesia mendapatkan penghargaan ini. Bahkan dalam satu acara, dua penghargaan diterima langsung oleh Bupati," ungkap Rizal Pahlepi, didampingi Yenni Nopriani, kepala DPPKBPPPA dan Rismaliza, kepala Disdukcapil PALI, Selasa (24/7).

Dia juga meminta dukungan semua OPD dilingkugan Pemkab PALI agar terus melakukan peningkatan pelayanan publik.

"Harapannya ditahun depan bisa meningkat lagi, dari kategori pratama menjadi kategori madia. Dan kami meminta dukungan semua OPD dilingkugan Pemkab PALI agar pelayanan terhadap publik bisa maksimal diberikan kepada masyarakat," harapnya. (Suherman)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama