Jenazah Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad Diselimuti Merah Putih Menuju TPU


google
Lassernews.com - Jakarta, Jenazah Pria kelahiran Surabaya, 3 April 1939 ini disemayamkan di rumah duka, Jalan Taman Brawijaya III Nomor 129 Kebon Baru, Jakarta Selatan. Setelah salat Zuhur, Jenazah langsung disalatkan di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan.

Tampak beberapa kerabat dan pejabat ikut dalam jamaah salat jenazah, antara lain Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, serta beberapa pejabat lainnya.

Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad tutup usia pada hari Minggu dini hari pukul 01.37 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta pada usia 77 tahun.

Setelah disalatkan, jenazah Mar'ie kemudian dipindahkan ke peti kayu berwarna cokelat. Peti tersebut kemudian diselimuti bendera Republik Indonesia (RI) merah putih. Dengan proses militer, peti jenazah ini akan diiring untuk diberangkatkan ke TPU Tanah Kusir.

Dalam prosesi pemakamannya, jenazah Mar'ie akan digelar secara militer layaknya iringan untuk almarhum pahlawan dan akan dipimpin oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

"Nanti dari sini ke pemakaman sebagai inspektur Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo," kata Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah AM Fatwa di Masjid Agung Al-Azhar usai menyalatkan jenazah, Jakarta Selatan, Minggu (11/12/2016).


Jenazah Mar'ie sebenarnya bisa dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Namun karena wasiat, keluarga menginginkan jenazah Mar'ie dikebumikan di TPU Tanah Kusir.

"Negara telah memfasilitasi untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tapi wasiat almarhum juga keluarga diadakan kompromi upacara militer diadakan tetapi keinginan keluarga dan almarhum di Tanah Kusir," tambah AM Fatwa. (Rel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama