Gubsu : Jalan Provinsi Sumut di Langkat 85,51 % Mantap

Lassernews.com - STABAT, - Dari 150,10 km jalan Provinsi Sumatera di Kabupaten Langkat, 85,51% berada dalam kondisi mantap pada akhir tahun 2015. Diharapkan persentase jalan mantap Provinsi di Langkat meningkat pada tahun2016 ini dengan rencana peningkatan dan pemeliharaan enam ruas jalan di Langkat dengan alokasi Rp 56,33 milyar.
Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi saat melakukan kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut di Kabupaten Langkat,Senin (13/6/2016). Safari Ramdhan yang dihadiri Bupati Langkat Ngogesa Sitepu berlansung di kediaman Bupati Langkat.
Gubsu menjelaskan panjang jalan Provinsi di Kabupaten Langkat sepanjang 150,10 km dari total panjang jalan provinsi sepanjang 2.686 km. "Kondisi kemantapan jalan provinsi pada akhir tahun 2015 adalah 76,11%, dan syukur alhamdulillah, kondisi jalan provinsi di Kabupaten Langkat lebih baik, yaitu 85,51% kondisinya mantap,"ujar Gubsu.
Gubsu mengatkan kondisi jalan Provinsi di Langkat diharapkan semakin meningkat dengan rencana proyek peningkatan dan pemeliharaan pada enam ruas jalan. Ke enam ruas jalan tersebut adalah peningkatan jalan Jurusan Kuala Timbang Lawan sepanjang 4 km dengan alokasi Rp 19,137 milyar, peningkatan jalan jurusan batas Binjai-Kuala sepanjang 2 km dengan aloikasi 9,638 milyar, peningkatan jalan jurusan Tanjungpura-Tanjung Selamat sepanjang 2 km dengan alokasi Rp 7,198 km, pening katan jalan jurusan Tanjung Selamat-Namu Unggas-Tangkahan sepanjang 1,5 km senilai Rp 5,240 milyar,pemeliharaan berkala jalan Simpang Pangkalan Susu-Pangkalan Susu sepanjang 2km denan nilai Rp 7,912 milyar dan peningkatan jalan provinsi jurusan Namo Ukur-Batas Karo sepanjang 2 km senilai Rp 7,206 milyar.
Gubsu menjelaskan untuk ruas jalan Namo Ukur –Batas Karo, masih terkendala dengan pinjam pakai Kawasa Taman Nasional Gunung Leuser sepanjang 4 km. Berdasarkan hasil kunjungan DPRD Provsu pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutranan pada Kamis (9/6), pihak Kementerian setuju untuk pinjam pakai tersebut. Bila izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah ada, maka Dinas Binamarga akan memprogramkan sisa yan belum tertangani sepanjang 4 km.
Sedangkanuntuk ruas jalan Kuala-Timbang Lawang, ruas jalan ini sangat strategis melayani transportasi ke kawasan wisata Bahorok. Dikatakan Gubsu, Pemprov Sumut konsisten mulai TA 2014, 2015 dan 2016 terus melakukan penanganan peningkatan ruas jalan ini untuk mendukung program pengembangan wisata. Denganadanya kegiatan TA 2016 sepanjang 4 km, lanjut Gubsu, maka jalan rusak pada ruas jalan ini diperkirakan tinggal 6-7km dan akan ditampung pada tahun anggaran 2017.
Selanjutnya, Gubsu menjelaskan, untuk Tanjung Selamat-Namu Unggas-Tangkahan yang merupakan jalan lintas menuju kawasan wisata andalan Sumut  yaitu Kawasan Ekowisata Tangkahan. Namun dijelaskannya, kewenangan jalan Provinsi tidak sampai di kawasan wisata Tangkahan, kondisi kalan onderlaag saat ini merupakan jalan kebun PTPN. "Sehingga perlu dilakukan kolaborasi antara provinsi, PTPN dan Kabuaten Langkat untuk kerjasama penanganan jalan ini," katanya .
Dalam kesempatan itu Gubsu juga mengimbau agar warga masyarakat bersyukurlah karena potensi Langkat yang luarbiasa yang dibangun sejak zaman Kesultanan Langkat hingga hari ini. "Langakat termasuk wilayah tertua di Sumut, yang menyimpan sejarah seagai sumber energi  dimana pertama kali ditemukan sumur minyak di Indonesia. Bersyukurlah masyarakat Langkat dengan potensi yang ada sejak Kesultanan Langkat hingga hari ini bisa memberi kemakmuran," katanya.
Dia juga meminta segenap komponen di Kabupaten Langkat menjaga harmoni dan kerukunan serta ukhuwah Islamiyah. Kepada Pemkab Langkat Gubsu juga mengingatkan agar terus memberi pelayanan publik sebaiknya kepada masyarakat. Secara khusus, Gubsu meminta program pelayanan terpadu di tingkat kecamatam (Paten) bisa berjalan sehingga pelayanan bisa lebih cepat, transparan dan mudah.
Dalam kesempatan itu, Gubernur didampingin Ketua TP PKK Ny Evi Diana Erry Nuradi menyerahkan secara simbolis tali asih dan bingkisan kepada 100 anak yatim dan 100  ulama serta bantuan kepada Badan Kenaziran Mesjid Al Ikhwan Kabupaten Langkat.
Sementara itu, Bupati Langkat H Ngogesa dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Erry Nuradi menjadi Gubernur defenitif oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini. Dia mengungkapkan harapannya agar masyarakat Sumut bangkit sejahtera di bawah kepemimpinan Gubsu H T Erry Nuradi.
Dia mengatakan, berkat dukungan masyarakat, para ulama, forkopimda, Langkat dalam kondisi yang kondusif. Dalam kesempatan itu, Bupati Langkat juga berkesempatan memberangkatkan Tim Saari Ramadhan 1437 Kab Langkat.
Acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al quran oleh Drs H Tuah Sirait,  dan penyampaian tausiyah Ramadhan oleh KH Amiruddin, MS. Usai buka puasa bersama, Gubsu ikut sholat berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama. Gubsu dan Tim Ramadhan kemudian sholat Isya dan tarawih berjamaah .
Hadir Komandan Korem 022 Pantai Timur Kol Inf Gabriel Lema, S.Sos, Tuan Guru Babussalam Syekh H Hasyim Al-Syarwani dan unsure FKPD Langat, ormas Islam, organisasi kepemudaan dan warga mayarakat.
Tim Safari Ramadhan 1437 Pemprovsu yang turut serta diantaranya Staf Ahli Gubsu H Aspan Sofian, Ass Kesos OK Zulkarnain, Plt Assisten Ekbang Ibnu Hutomo, Kadis Pendapatan Rajali, Kadis PU Binamarga Effendi Pohan, Kepala BPPT Sarmadan Hasibuan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Edi,  Kasatpol PP, Kadis Perikanan dan Kelauran Zony Waldi, Pl Kadis Pertanian Azhar dan sebagainya. (Rel/ www.hariandeteksi.com)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama